LATAR BELAKANG

  •  LATAR BELAKANG PONDOK


      UntUk mengikuti putaran dunia yang semakin cepat, dalam menuntut ilmu pun para santri di harapkan menyelesaikannya dalam waktu yang singkat karenanya di perlukan suatu metode yang tepat yaitu (amtsilati)
      Inilah yang menjadi pendorong beliau untuk menjadikan amtsilati sebagai bagian terpenting dalam kegiatan belajar mengajar di PP. HM Sumberwaru ini .Melalui amtsilati di harapkan para santri bisa membaca Kitab Kuning (Gundulan) dalam waktu 3 – 6 bulan. Adapun alasan memakai Kitab Kuning sebagi acuan adalah karena Kitab ini salah satu sumber literatur pengetahuan tentang Islam ,dimana di dalamnya terdapat penjabaran Al- Qur’an dan Al-Hadist secara detail. Kitab Kuning merupakan hasil pemikiran dan kajian ang mendalam para Ulama’ Salaf yang sangat Alim dan mengetahui rahasi rahasia yang terpendam dalam Al-Qur’an.Sedangkan pada sekarang zaman moderen ini banyak orang yang mentafsiri Al-Qur’an sebatas pengetahuan yang dimilikinya,sehigga banyak terjadi salah tafsir dan penyimpangan pemahaman .

      Ilmu Nahwu sendiri sebagai kunci untuk membuka gerbang pengetahuan islam yang sangat luas. Karenanya Kyai Syarwani Sa’id sangat menenkankan pentingnya penguasaan ilmu Nahwu dan Shorof ( amtsilati) dan menjadikannya sebagai program utama pndok.

0 comments: